Warga Sekitar Kampus UWKS Dapat Sosialisasi Diet Karbohidrat Mengatasi Karies Gigi


Sinergitasnews.com | SURABAYA -  Gigi mesti dirawat dan dipelihara dengan baik, pasalnya ketika sudah usia lanjut, banyak gangguan sakit gigi, terutama karies gigi, kalau dibarengi dengan kebiasaan yang sehat, maka sakit gigi bisa terhindar, demikian pembukaan oleh Theodora, drg., Sp. Ort dari FK UWKS, bagi warga sekitar kampus (22/9). 

" Seperti lagu dangdut yang pernah populer, dari pada sakit gigi lebih baik sakit hati,  kita berharap selalu sehat dengan kebiasaan dan ber gaul secara sehat, dan paling utama adalah konsumsi karbohidrat yang mesti di kontrol, "  terang drg Theodora Susan. 

Karbohidrat merupakan zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh, seperti : nasi, kacang merah, ubi ujian, buah kurma, mangga, pisang, kacang, jagung. 

Karies gigi atau gigi berlubang adalah suatu penyakit pada jaringan keras gigi yang ditandai oleh rusaknya enamel dan dentin karena bakteri dalam plak. 

Hubungan karbohidrat yang dapat mengakibatkan karies , disebabkan konsumsi karbohidrat yang berlebihan akan menyebabkan produksi asam oleh bakteri lebih sering, sehingga keasaman  menyebabkan lapisan giginya terkikis dan menyebabkan gigi terkena karies. 

" Pencegahan karies gigi dengan mengatur pola makan, kurangi makanan dan minuman yang manis dan asam  , snack yang mengandung karbohidrat sebelum tidur, mengkonsumsi buah yang asam dapat menstimulasi produksi saliva, " pungkasnya. ( ali)

Posting Komentar

0 Komentar