Inovasi Pencegahan Gangguan Kamtibmas, Kapolresta Pimpin Apel Soft Launching Patroli Kasih Biru

Sinergitasnews.com | Jayapura Kota,- Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si pimpin Apel Soft Launching Patroli Kasih Biru bertempat di Lapangan PTC Entrop Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (4/8) malam Pukul 21.00 Wit.

Turut hadir Wakapolresta AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si beserta seluruh Pejabat Utama, Para Perwira dan Personel Patroli Kasih Biru yang menggunakan kendaraan Public Address baik roda dua, roda empat dan roda enam.

Dalam sambutannya Kapolresta KBP Victor Mackbon menyampaikan yang intinya, sesuai semangat Motto kerja Polresta yakni Kasih, Kompetensi, Akuntabilitas, Sinergitas, Inovatif dan Humanis maka pihaknya meluncurkan program Patroli Kasih Biru atau Blue Light untuk melakukan pencegahan gangguan Kamtibmas di Kota Jayapura.

"Ini merupakan giat kita dalam berinovasi dan bertanggungjawab dengan apa yang menjadi tugas kita, dengan Patroli Kasih Biru mulai dari Perwira hingga anggota harus dapat memahami tugas dan fungsinya," pungkasnya.

Lanjutnya, dinamika Kota Jayapura memunculkan berbagai macam problematika, sudah merupakan resiko tugas personel harus semakin menjiwai dan memaknai. "ini resiko tugas di Kota besar, Kota Jayapura Ibu Kota Provinsi Papua dan merupakan barometer untuk wilayah sekitarnya," ujar KBP Victor Mackbon.

"Patroli Kasih Biru merupakan Bagian dari menjawab tantangan, gunakan akal kalian untuk berpikir, kita harus terus berkreasi dan berinovasi, apa yang rekan-rekan lakukan semua harus diyakini. Apa yang menajdi kebijakan Pimpinan, harus di pertanggungjawabkan," tandasnya.

Rekaman himbauan yang ada lebih memudahkan rekan-rekan dalam bekerja, tapi jangan menghilangkan keaktifan yang sudah terlaksana, harus lebih efektif dan efisien. "Himbauan ini merupakan salah satu fungsi pencegahan bagi orang yang mau berbuat kejahatan, untuk itu saya harap rekans tolong maknai kreativitas ini," pungkasnya.

KBP Vicktor Mackbon juga menuturkan, Polresta harus bisa berkolaborasi dengan Polda, ajak Polda untuk bergabung bersama amankan Kota Jayapura, Polresta harus mampu menjadi motor dalam pelaksanaan patroli atau pencegahan.

"Lakukan patroli sesuai rencana kegiatan, nyalakan lampu biru, suarakan pesan Kamtibmas, rawat dan jaga sarana yang digunakan. Hari ini secara resmi kita melaunching atau menggelar diawal, Soft Launching Patroli Kasih Biru dimulai hari ini, perkenalkan kepada masyarakat, lakukan dengan suka cita dan penuh rasa syukur," imbuhnya.

Giat dilanjutkan dengan pelepasan Tim Patroli Kasih Biru oleh Kapolresta Jayapura Kota didampingi Wakapolresta dan Para Pejabat Utama yang mana tim melaksanakan patroli dengan rute mengelilingi wilayah Kota Jayapura.

Patroli Kasih Biru adalah program inovasi Kapolresta Jayapura Kota dalam melakukan pencegahan gangguan Kamtibmas dengan menyajikan kendaraan Polri menggunakan lampu biru / rotator bersama Public Address berupa rekaman himbauan Kamtibmas yang akan digelar setiap hari oleh personel Polresta di setiap sudut Kota Jayapura selama 1x24 jam secara berkala guna melakukan pencegahan terjadinya gangguan Kamtibmas di Kota Jayapura.(*)

Penulis : Subhan

Posting Komentar

0 Komentar