Ini Klarifikasi Oknum Anggota Lantas Polres Pacitan Terhadap Wartawan

Sinergitasnews.com | Pacitan - Bripka OC, anggota polisi dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pacitan, yang menyebut wartawan BoBo atau wartawan anak-anak, meminta maaf dan mengklarifikasi atas ucapannya tersebut.

Permintaan maaf itu disampaikan langsung oleh Bripka OC, saat duduk bersama dengan sejumlah wartawan, di salah satu rumah makan di Pacitan, Senin (05/09/2022). 

"Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan wartawan terkait ucapan saya di grub WhatsApp," ucapnya, Senin sore.

Di samping itu, pihaknya mengklarifikasi atas apa yang dikatakan sebelumnya tersebut tidak bermaksud menghina profesi wartawan. Menurut dia, hanya mis komunikasi, karena pada waktu itu tidak sedikit telepon dan pesan WhatsApp masuk di ponselnya yang juga menanyakan peristiwa serupa.

"Saat itu banyak telepon masuk menanyakan kejadian itu. Buka grup WA, di situ juga ada foto dan video kejadian tanpa keterangan. Kita bingung, ini kejadian di mana? Mau ke lokasi tapi di mana tempatnya? akhirnya (ucapan) itu," terangnya, 

"Dan ternyata saya dan teman wartawan sama-sama cari informasi itu. Saya tidak ada maksud menghina profesi jurnalis, untuk itu saya mohon maaf," sambung dia, menambahkan.

Senada, Kasat Lantas Polres Pacitan, AKP Siwoyo mewakili Kapolres Pacitan, juga menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan setempat, atas lisan dari salah satu anggotanya di grub WhatsApp.

"Saya mewakili Kapolres menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan wartawan, atas kesalahpahaman mengenai informasi Laka Lantas yang diinformasikan melalui grub WhatsApp Info Lantas Polres Pacitan," ujarnya.

Atas kejadian itu, lanjut dia, ke depan akan menjadi pembelajaran yang berharga, khususnya bagi para anggota di Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan untuk lebih berhati-hati, baik dalam ucapan, sikap maupun tindakan.

"Mudah-mudahan dengan (kejadian) ini, jadi pembelajaran bagi kami agar ke depan lebih berhati-hati dalam segala hal. Semoga hubungan kerjasama yang sudah terjalin baik ini ke depan bisa lebih baik lagi," imbuhnya.

Atas permintaan maaf itu, Agus W, Ketua Forum Pewarta Pacitan (FPPA) bersama beberapa rekan seprofesinya yang ikut duduk bersama, menerima 'maaf' tersebut dengan lapang dada, dan berharap ke depan kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Atas peristiwa itu, kita juga sudah memaafkan. Semoga di kemudian hari tidak terulang lagi dan kami berharap saling menghargai antar profesi," harap Agus, di tempat yang sama.

Seperti diketahui, kesalahpahaman antara anggota satlantas dengan wartawan itu terjadi di grup WhatsApp, yang berawal dari salah satu wartawan di dalam grup itu mengirim foto dan video sebuah peristiwa kecelakan lalu lintas, yang saat itu belum diketahui tempat kejadian persisnya.

Berharap dapat informasi detail atas peristiwa tersebut, namun yang didapat wartawan malah sebutan "BoBo". Sontak, sebutan itu membuat gaduh di kalangan grup WhatApp wartawan, hingga menayangkan pemberitaan dengan dugaan polisi menghina profesi jurnalis. 

Namun demikian, ucapan dari Bripka OC tersebut sudah diklarifikasi langsung oleh yang bersangkutan, yang sekaligus menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan, melalui duduk bersama. Sehingga, kesalahpahaman antara anggota satlantas dengan wartawan setempat tersebut sudah mendapat titik temu.

Forum Pewarta Pacitan (FPPA)

Posting Komentar

0 Komentar