FK UWKS Lakukan Penyuluhan Osteoarthritis Bagi Lansia Dukuh Kupang

Sinergitasnews.com | SURABAYA - Usia senja mesti tetap fit dan sehat untuk membimbing anak dan cucu, namun kalau nyeri tulang menghinggapi seseorang, tentu sangat mengganggu aktifitas sehari hari, demikian dikatakan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran UWKS, dr. Sie Ernawati, M.Kes, dihadapan lansia warga Kelurahan Dukuh Kupang. ( Kamis ( 22/9).

" Kalau tulang dan persendian terasa linu, tulangnya terasa nyeri, bahkan kalau di gerakkan pada sendi terdengar ada bunyi, dan semakin terasa sakitnya, itulah yang dinamakan  Osteoarthritis, " terangnya. 

Gejala Osteoarthritis yaitu rasa nyeri dirasa meningkat ketika sendi digerakan, tetapi akan sedikit membaik ketika beristirahat. Sendi membengkak dan terasa panas dan sendi berbunyi ketika digerakkan. 

Selama ini, masyarakat kalau merasakan linu dan sakit pada tulang dan persendian begitu berobat ke dokter atau membeli obat sendiri ke apotik adalah diberi obat pereda rasa nyeri, 

Ketergantungan obat pereda rasa nyeri ini bisa dikurangi dengan melakukan senam ringan yang rutin, dengan tetap duduk di kursi dan mengangkat tumit, berjinjing, membuka paha, mengangkat paha, mengangkat kaki. 

Kalau latihan ini dilakukan setiap hari baik habis bangun tidur dan interval waktu tertentu, maka dalam waktu sekitar 2 bulan sudah bisa dilihat hasilnya dari dosis konsumsi obat pereda nyerinya, terhadap respondem ini, akan dilakukan pemantauan  oleh kader kelurahan dan 2 bulan kedepan kita akan turun lagi untuk mengetahui seberapa ketergantungan obat pereda nyerinya, baik bertambah, tetap, atau berkurang. " pungkasnya. (ali)

Posting Komentar

0 Komentar