Kapolresta Hadiri Pelantikan 545 Bintara Remaja TA.2022 Polda Papua

Sinergitasnews.com | Jayapura Kota,- Bertempat di Lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I T.A. 2022, Kamis (7/7) pagi.

Penutupan Diktukba Polri Gelombang I TA.2022 tersebut dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K selaku Inspektur Upacara dan bertndak sebagai Komandan Upacara yakni Waka SPN Polda Papua AKBP Ignatius B.A Prabowo, S.H., S.IK.

Turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, S.IK., M.Si, Irwasda Polda Papua KBP Alfred Papare, S.I.K beserta seluruh Pejabat Utama Polda Papua dan Para Tamu Undangan.

Rangkaian kegiatan Upacara dimulai dengan Pembacaan Laporan singkat pelaksanaan Pendidikan Siswa Diktukba Polri TA.2022 oleh Ka SPN Polda Papua KBP Taufik Irfan, S.H., M.H dilanjutkan dengan Pernyataan Penutupan Pendidikan oleh Inspektur Upacara dan Penanggalan Pangkat Siswa serta Pemasangan Pangkat Efektif kemudian ditutup dengan Pengambilan Sumpah Janji oleh Siswa yang baru saja dilantik menjadi Anggota Polri yang Sah.

Dalam sambutannya membacakan Amanat Kapolri, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyampaikan yang intinya dengan selesainya Pendidikan Pembentukan ini, maka telah bertambah Jumlah Personel Polri. dengan penambahan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Organisasi Polri ke depan dan semakin meningkat kemampuannya dalam menjalankan Tugas dan Fungsinya dalam Menjaga Keamanan, Memelihara Kamtibmas, Menegakkan Hukum, Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat. 

"Saudara sekalian diharapkan untuk bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan Dharma Bakti terbaik kepada Institusi Polri, Masyarakat, Bangsa dan Negara," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, Doa dan dukungan bapak ibu sekalian merupakan dorongan spiritual yang akan terus menjadi bagian dari Putra Putri bapak ibu dalam menyelesaian Pendidikan dan menjalankan tugas Polri ke depan. Pelantikan dan penutupan pendidikan ini bukan akhir dari perjalanan, akan tetapi awal dari Pengabdian Sebagai Bhayangkara Muda.

"Ada lima penekanan yang perlu saudara pedomani dan laksanakan sebagai bekal memasuki tugas di lapangan yaitu Tingkatkan selalu keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan Tugas, Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, dalam setiap langkah pengabdian sebagai Insan Bhayangkara," ucapnya.

"Ketiga, Senantiasa bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara Stabilitas Kamtibmas yang kondusif, Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan yang akan datang, dan yang terakhir Polisi adalah kita, kita adalah Polisi, maka jadilah sosok panutan dan teladan serta selalu dan selalu lindungi dan layani masyarakat dengan sepenuh hati," pungkas Kapolda Papua.

Dalam Upacara penutupan Pendidikan tersebut, sebanyak 545 Siswa yang dilantik dengan rincian penempatan 234 Bintara Remaja di Polda Papua sedangkan sisanya 311 Bintara Remaja bertugas di Polda Papua Barat.(*)

Penulis : Subhan

Posting Komentar

0 Komentar