Bulan Cinta Laut Ratusan Masyarakat Gelar Ajsi Bersih Pantai dan Laut

Sinergitasnews.com | Pacitan - Ratusan masyarakat dari beragam komunitas,menggelar aksi bersih pantai dan laut di Pantai Teleng Ria Pacitan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka bulan cinta laut tersebut merupakan inisiasi dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI. Kabupaten Pacitan terpilih menjadi salah satu titik lokasi gerakan bersih laut dan pantai diantara 55 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Potensi pesisir dan laut Pacitan kaya akan sumber daya alam menjadi unggulan dan andalan di sektor wisata. Agar menjadi spot wisata yang nyaman, maka perlu adanya kesadaran masyarakat lokal dan pengunjung akan kebersihan lokasi wisata,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho mewakili Bupati Pacitan,Sabtu (02/07/2022)

Sekda berharap melalui aksi ini dapat memantik dan menggelorakan kesadaran bersama. Aksi seperti ini harus dilakukan terus agar masyarakat semakin sadar dan mampu mengubah pandangan dan perilaku bahwa laut dan pantai adalah jantung kehidupan. 

“Stop membuang sampah sembarangan sadar atau tidak muara akhirnya ke laut juga,” ungkapnya kembali.

Sementara, menurut Koordinator Kelompok Restorasi Direktorat Pendayagunaan Pesisir Dan Pulau Pulau Kecil KKP RI Hery Gunawan Daulay, untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang tidak terkelola tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk penanganan diperlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak. Kolaborasi dan kebersamaan dalam penanggulangan sampah di laut harus terus ditumbuhkembangkan agar menjadi kebiasaan dan budaya

“Berdasarkan data Neraca Sampah tahun 2021, timbunan sampah di Kab. Pacitan pada tahun 2021 mencapai 104.654,83 ton/tahun. Dari timbulan sampah tersebut sampah yang terkelola mencapai 24,118,97 ton/tahun (23%) dan sampah yang tidak terkelola mencapai 80.535,86 ton/tahun (76,95%),” katanya. 

Gerakan bersih pantai dan laut di Pantai teleng Ria berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1.467kg (1,4 ton). Sampah-sampah tersebut didominasi sampah organik sebanyak 1.143 Kg dan sampah unorganik sebanyak 325 kg. Sampah tersebut selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah untuk diolah.(*)

Posting Komentar

0 Komentar