Babinsa Kebomas Ingatkan Waspada Penyebaran PMK.

Sinergitasnews.com | GRESIK -  Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing, Babinsa jajaran Kodim 0817/Gresik aktif sambang ke wilayah binaan, terutama yang di wilayahnya ada peternak kambing, sapi ataupun kerbau.

Hal ini ditindaklanjuti oleh Babinsa Koramil 0817/07 Kebomas, Serda Abu Amar, saat sambangi peternakan milik Bpk. H. Imam yang terletak di Dusun Jetak Desa Klangonan RT 9 RW 2 Kec. Kebomas. pada Sabtu(2/7).

Peternakan milik Bpk. H. Imam ini, memiliki 2 ekor Sapi Dewasa, 150 ekor Kambing, dalam pantauan seluruh hewan ternak dalam kondisi sehat dan kandang yang digunakan dalam kondisi selalu bersih.

Disela pemantauanya, Serda Abu Amar tetap menghimbau agar peternak selalu menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan ternak yang bergizi, sehingga bebas dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

"Walaupun kondisi hewan dan kandang selalu bersih kami tetap ingatkan para peternak, apabila mendapati hewan ternaknya bergejala PMK misalnya, tubuh hewan demam, stress dan nafsu makan menurun, berlebihan mengeluarkan air liur serta kalau gejala sudah kronik akan terbentuk lepuh, erosi, dan mengelupas yang nampak pada mulut dan kuku hewan tersebut, dan mayoritas penyakit PMK terjangkitnya pada Sapi."tuturnya.

Di lokasi dusun tersebut lebih banyak kambing, alangkah lebih baiknya peternak tetap waspada, karena penyakit PMK cepat penularannya dapat menimbulkan kematian mendadak pada hewan, jadi kalau ada hewan bergejala peternak segera melaporkan agar segera mendapat penanganan.

H. Imam pemilik peternakan dan pemilik kandang mengatakan bahwa, "Kami lakukan perawatan setiap hari, mulai dengan memberikan makanan yang sehat, kebersihan kandang serta kami juga berikan vitamin, karena kami sudah mengetahui dari berbagai berita bahwa Gresik sudah banyak hewan yang terpapar penyakit PMK, jadi kami mengantisipasinya dengan baik."tuturnya. ( ali)

Posting Komentar

0 Komentar