5 Unsur Masyarakat Se-Jawa Timur Siap Jaga Idiologi Pancasila

Sinergitasnews.com | Surabaya - Jejaring Panca  Mandala (JPM) Se-Jawa Timur mengikuti acara penguatan dan pembinaan nilai-nilai Pancasila yang digelar Badan Pembinaan Idiologi Pancasila ( BPIP) bersama Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur di Hotel Grand Dafam Surabaya.

Kegiatan pembekalan Jejaring Panca Mandala ini, dibuka langsung oleh Deputi bidang hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi, dan jaringan Ir. Prakoso, MM melalui daring.

Menurut Prakoso, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, sebagai dasar negara, falsafah hidup dan sangat penting bagi semua untuk memahami nilai-nilai Idiologi Pancasila.

Ditambahkannya, JPM dibentuk sebagai mitra dari BPIP, dan dibentuk dari 5 unsur masyarakat, Panca berarti lima dan Mandala artinya kekuatan.

”JPM dibentuk dari 5 unsur kekuatan dari pemerintah dan masyarakat. Kami berharap dengan adanya JPM ini mampu memberikan sosialisasi mengenai Idiologi Pancasila,”terangnya.


Prakoso menjelaskan, 5 unsur yang dibentuk sebagai mitra kerja BPIP ini terdiri dari unsur Pemerintah, Tokoh masyarakat, Pengusaha, Akademik dan Media. Dari 5 unsur ini mempunyai kekuatan atau power yang luar biasa.

”Baik kekuatan politik, sosial, Pendidikan, ekonomi dan informasi,"tandasnya.

Secara terpisah Bupati Pacitan mengatakan,Untuk pengurus JPM Kabupaten Pacitan, ada 5 orang yang terdiri dari berbagai unsur meliputi unsur ASN, Organisasi, Pengusaha, Media, Akademisi.

"Pemerintah kabupaten berharap dengan adanya pengurus JPM ini, masyarakat Pacitan lebih memahami ideologi Pancasila dan paling penting mengamalkannya,”ungkap Mas Aji sapaan akrab Bupati Pacitan.

Selain Deputi bidang hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi, dan jaringan Ir. Prakoso, MM. turut hadir Direktur hubungan antar lembaga dan kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar, S.P, M.M, dan Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur R. Heru Wahono Santoso, S.sos, M.M.

Kegiatan pembekalan JPM yang digelar  selama 3 hari tersebut mulai Senin-Kamis (25 -28 /72022l ini diikuti oleh JPM Kabupaten/Kota se Jatim dan akan diakhiri dengan deklarasi di halaman Grahadi Kantor Gubernur Jawa Timur.(*)

Posting Komentar

0 Komentar