Kapolresta Hadiri Halal Bi Halal Pemerintah Kota Jayapura Bersama TNI-Polri dan Masyarakat Kota Jayapura


Sinergitasnews.com | Jayapura Kota,- Kapolresta Jayapura Kota AKBP Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si hadiri kegiatan Halal Bi Halal Gabungan ASN, TNI-Polri dan Masyarakat Kota Jayapura bertempat di Gedung Serba Guna Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura, Sabtu (21/5) siang.

Turut hadir Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M, Wakil Walikota Jayapura Dr. Ir. H. Rustan Saru, M.M, Kepala BPK Perwakilan Papua Arjuna Sakir, S.E., M.M., Ak.,CA., CSFA, Ketua MUI Provinsi Papua KH. Saiful Islam Al Payage, Para Asisten Setda Kota Jayapura, Staf Ahli, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura bersama para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Paguyuban / Masyarakat Se-Kota Jayapura.

Dalam sambutannya Walikota Jayapura mengatakan, Halal Bi Halal tahun 1443 H/2022 M tingkat Pemerintah Kota Jayapura tahun 2022 mengangkat tema "Mewujudkan Moderasi Beragama Dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan di Kota Jayapura".

"Saya menyampaikan penghargaan kepada masyarakat Kota Jayapura, khususnya kaum muslimin-muslimat yang telah mendukung dan bersama-sama menjaga kerukunan antar umat menciptakan beragama, khususnya selama dua periode kepemimpinan saya," ungkapnya.

"Berkat upaya moderasi beragama yang saya tekankan dengan didukung oleh FKUB dan para pemimpin Agama, Kementerian Agama RI telah memberikan apresiasi atas terwujudnya kerukunan antar umat beragama di Kota Jayapura. pelaksanaan semua kegiatan keagamaan terbukti berjalan dengan baik, tertib tanpa gangguan," tandasnya.

Lebih lanjut kata Walikota, umat dari lintas agama saling menghormati dan saling mendukung satu sama lain. contohnya, pelaksanaan Pesparawi, MTQ bahkan silaturahmi Halal Bi Halal hari Raya Idul Fitri ini semua berjalan dengan baik, tertib, aman dan damai.

"Kegiatan - kegiatan Keagamaan pada masa kepemimpinan saya, kita jadikan agenda rutin untuk lebih mendekatkan komunikasi dan kebersamaan antara Pemerintah (UMARA) dengan tokoh agama (Ulama) dan semua umat islam di Kota Jayapura," tuturnya

Ia pun menambahkan, menjadi pemimpin adalah amanah dari Tuhan sebagai wakilnya di muka bumi. menjadi pemimpin bukan untuk menunjukkan kebesaran dan kebanggaan diri, justru pemimpin adalah pelayan rakyat, harus selalu ada dekat dengan rakyat saat dibutuhkan, pemimpin harus menjadi teladan (Ing Ngarsa Sung Tuladha), ditengah-tengah rakyat, harus mampu membangun prakarsa dan kreativitas untuk berkembang (Ing Madya Mangun Karsa). dan di belakang harus mampu memotivasi, menggelorakan semangat serta optimisme untuk maju bagi "Wong Cilik" (Tut Wuri Handayani). Filosofi dan Prinsip Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara ini selalu dijadikannya urat nadi serta "Pakem" kepemimpinannya selama ini.

"Ini adalah momen Halal Bi Halal, dimana setiap pribadi saling meminta dan saat memberi maaf. yang tepat, di penghujung periode kepemimpinan, saatnya kami berdua berpamitan mengakhiri periode 2017-2022. maka saya, selaku pribadi dan keluarga dan juga H. Rustan Saru (Sebagai Wakil Walikota) menyampaikan permohonan maaf yang tulus, dari relung batin yang dalam atas berjuta kesalahan dan kekhilafan baik berupa kata yang terucap, perilaku yang terlahir maupun batin yang tersembunyi, sengaja maupun tidak sengaja selama periode kepemimpinan kami," pungkas Walikota.

Rangkaian giat dilanjutkan dengan Hikmah Halal Bi Halal oleh Ketua MUI Provinsi Papua K.H. Saiful Islam Al-Payage dengan tema Kemanusiaan paling tinggi dari segala-galanya tanpa memandang Agama, Suku, Golongan kemudian Ramah Tamah seluruh tamu undangan yang hadir.(*)

Penulis : Subhan

Posting Komentar

0 Komentar