Antisipasi Penyebaran PMK,Polisi Dan Dinas Terkait Di Pacitan Lakukan Cek Hewan Ternak Di Perbatasan


Sinergitasnews.com | Pacitan - Polres Pacitan melalui Polsek Punung turun tangan mengawasi lalu lintas pengiriman hewan ternak yang masuk dan keluar di perbatasan wilayah setempat. Kegiatan tersebut di lakukan bersama Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan di Pos Cek Point Kecamatan Punung.

Hal tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah mewabah saat ini.

"Kegiatan ini adalah instruksi Kapolri dan Kapolda Jawa Timur kepada Polres Jajaran, Sasarannya di daerah perbatasan seperti yang kami lakukan di Pos Cek Point Bliruk Kecamatan Punung,"Ujar Iptu Susilo Dwi Purnomo Kapolsek Punung saat ditemui awak media di lokasi pemeriksaan, Rabu (18/05/2022).

Lebih lanjut Susilo menjelaskan,melalui instruksi tersebut kepolisian bersinergi dengan Bidang peternakan untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini banyak terjadi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Jatim.

"Kita terus bersinergi dengan Dinas Peternakan dan Pertanian untuk pendataan dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Kabupaten Pacitan,"jelasnya.

"Kita lakukan pengawasan karena Kecamatan Punung termasuk wilayah perbatasan dengan Jawa Tengah, sehingga langkah antisipasinya adalah melakukan pemeriksaan dan penyemprotan terhadap hewan ternak yang keluar dan masuk wilayah Pacitan,"tambah Kapolsek. 


Selain memantau lalu lintas hewan ternak, Polsek juga mendampingi tim dokter hewan dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Pacitan yang melakukan pemeriksaan di pasar-pasar hewan secara acak dan di jalur perbatasan.

"Dalam kegiatan tersebut petugas memeriksa 50 ekor sapi yang akan masuk wilayah Pacitan dan 40 ekor kambing yang akan keluar Pacitan dengan hasil pemeriksaan tidak ditemukan hewan yang terindikasi terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku,"tandasnya.

Kegiatan yang di awali dengan pengarahan dari Kapolsek dan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan dan di akhiri evaluasi hasil kegiatan tersebut.(tyo)

Posting Komentar

0 Komentar