Pastikan Jalur Mudik Lebaran Aman, Satlantas Polres Pacitan Dan Unsur Terkait Cek Lokasi


Sinergitasnews.com | Pacitan - Menjelang perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 yang tinggal menghitung hari saja, berbagai persiapan di laksanakan oleh jajaran Pemerintah Daerah dan Satlantas Polres Pacitan serta unsur terkait guna mengantisipasi pada jalur-jalur Mudik lebaran yang berpotensi Potensi adanya bencana alam tanah longsor.

Karena dinilai cukup besar memiliki potensi tanah longsor sehingga perlu diantisipasi sejak saat ini. Pasalnya, selain jalan yang mayoritas berada di sisi tebing, jurang dan kondisi tanah yang labil, hingga hujan yang masih sering terjadi.

Ada beberapa titik yang rawan terjadi bencana tanah longsor tersebut terdapat di beberapa ruas jalan, seperti di jalur utama Pacitan - Ponorogo, kemudian jalur Arjosari - Purwantoro, selan itu juga di Jalus Lintas Selatan seperti di Jalan Pacitan - Trenggalek dan jalan alternatif Pacitan - Wonogiri Jawa Tengah.

Dengan hal tersebut untuk antisipasi adanya potensi tanah longsor, Dinas terkait dari Pemkab Pacitan, Satlantas Polres, BPBD, Dinas Perhubungan, PU Bina Marga Jalan Nasional Wilayah Pacitan, UPT PJJ Pacitan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jatim, Dinas PUPR Pacitan telah menyiagakan personel untuk pengamanan dan menempatkan alat berat di beberapa titik guna memperlancar arus mudik serta mempercepat proses evakuasi jika terjadi sesuatu hal.

Kasat Lantas Polres Pacitan, AKP Siswoyo, mengatakan, selain menyiagakan personel hingga patroli rutin, pihaknya meminta kepada para pengguna jalan untuk memperhatikan rambu-rambu peringatan yang sudah terpasang di sejumlah titik ruas jalan.

“Untuk jalur rawan longsor dan rawan terjadi kecelakaan Satlantas sudah memasang rambu peringatan di sejumlah titik di jalur itu. Kami juga menyiagakan personel dan gelar patroli rutin, guna melaksanakan pantauan kondisi cuaca atau pengguna jalan,”ujarnya saat di temui pewarta di lokasi pengecekan, Selasa (26/04/2022) siang.

“Imbauannya untuk tetap waspada dan berhati-hati. Terlebih jika berkendara saat hujan atau malam hari,”tambah Kasat Lantas 

Sementara itu Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pacitan Yudo Tri Kunciro menambahkan, dalam menghadapi arus mudik 2022 ini pihaknya akan terus melakukan peningkatan jalan, guna membantu memperlancar arus dan agar pengguna jalan nyaman.

“Peningkatan jalan, sehingga dapat membantu memperlancar arus mudik tahun ini. Kemudian menempatkan alat berat di sejumlah titik, guna antispasi tanah longsor mulai seminggu sebelum hari H dan sesudahnya,”ucapnya usai menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral, di Gedung Graha Bhayangkara Polres Pacitan

Walau pun demikian, pihaknya berharap arus mudik tahun ini tidak terkendala dengan adanya longsor, baik yang terjadi pada bahu jalan maupun longsor yang menutup badan jalan. 

“Semoga arus mudik tahun ini lancar,”pungkasnya.

Perlu di ketahui, selain rawan longsor, para pengguna jalan diharapkan waspada terhadap kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di sejumlah titik pasar yang ada di tepi jalur utama bagi pemudik, seperti di Pasar Tegalombo, Pasar Kebondalem, Arjosari, Tulakan dan beberapa pasar daerah lainnya.(tyo)

Posting Komentar

0 Komentar