Ini Sosok Polisi Yang Menyelamatkan Ade Armando, Siapakah Dia?


Sinergitasnews.com | Jakarta - Apes, akademisi dan pegiat media sosial Ade Armando berahir babak belur dikeroyok hingga ditelanjangi massa saat aksi unjuk rasa di depan gedung DPR pada Senin 11 April 2022. Beruntung nyawanya Ade Armando masih bisa diselamatkan aparat kepolisian, salah satu penyelamatnya adalah AKBP Setyo Koes Heriyanto.

Dari video yang beredar, AKBP Setyo Koes Heriyanto, mantan Kapolres Pacitan yang saat ini menjabat Wakapolres Jakarta Pusat, nekat mengambil Ade Armando dari Amuk massa.

Dalam video itu, AKBP Setyo tampak susah payah mengurai massa yang beringas memukuli dan memandang Ade Armando. Kondisi Ade Armando juga sudah terkapar di aspal jalan.

“Sudah…sudah…kasihan, kasihan,”ucap AKBP Setyo berulangkali sambil menerobos massa yang semakin beringas.

Setelah berhasil mendekat, AKBP Setyo dibantu anggotanya mengendong langsung Ade Armando yang sudah lemas bersimbah darah. Kondisinya mengenaskan dengan hanya memakai celana dalam setelah ditelanjangi para pendemo.

“Beri jalan, beri jalan…,”teriak AKBP Setyo sambil membopong Ade Armando menunju Gedung DPR.

Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagai orang kedua di Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Setyo Koes Heriyanto sosok polisi berani dan tegas. Ia dikenal tidak segan-segan menyikat tuntas mafia tanah hingga premanisme .

Sebelum menjabat Wakapolres Jakarta Pusat, Ia pernah menduduki sejumlah posisi strategis di tubuh Polri. Dalam mengemban tugas itu ia banyak menorehkan prestasi.

Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Pacitan selama 10 bulan sejak 30 November 2017. Sebelum menjabat Kapolres Pacitan, AKPB Seto merupakan Kanit I Subdit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri.

Tak lama jadi Kapolres Pacitan, lewat Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2593/X/KEP/2018, Ia mendapat promosi jabatan sebagai Kapolres Mojokerto menggantikan AKBP Leonardus Harapantua. Ia resmi menjabat Kapolres Mojokerto sejak 12 November 2018.

Selama menjabat Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo banyak menorehkan prestasi. Prestasi membanggakan yang ditorehkan AKBP Setyo di antaranya meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2018 dan penghargaan unit kerja pelayanan dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada 2019 dari Kemenpan RB.

Selain berkat sejumlah inovasi pelayanan publik, penghargaan dari Kemenpan RB ini juga diraih Polres Mojokerto karena melayani masyarakat tanpa imbalan. Predikat WBBM diraih Polres Mojokerto karena memenuhi beberapa kriteria penilaian.

Penilaian itu mulai dari manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, hingga penguatan kualitas pelayanan publik.(*)

Posting Komentar

0 Komentar