Pemdes Mendolo Kidul Bersama Polsek Dan Koramil Gelar Penyuluhan Perlindungan Anak


Sinergitasnews.com | Pacitan - Guna untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan pada anak serta kekerasan dalam rumah tangga serta kenakalan remaja, Pemerintah Desa Mendolo Kidul Kecamatan Punung Pacitan bekerjasama dengan Polsek da Koramil serta Dinas terkait menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan perlindungan anak serta cegah kenakalan remaja yang di hadiri oleh anggota Karang Taruna serta para Kepala Dusun di wilayah Desa tersebut. Acara digelar di Balai Desa Mendolo Kid, Senin (07/02/2022).

Suyono selaku Kepala Desa Mendolo Kidul dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadirannya para tamu undangan dalam kegiatan Pelatihan dan penyuluhan tentang perlindungan anak serta mencegah terjadinya kenakalan remaja ini.

“Bagi Karang Taruna dan Kepala Dusun serta para ibu-ibu PKK yang mengikuti kegiatan ini agar betul-betul memperhatikan apa yang disampaikan oleh Narasumber sehingga apa yang didapat dalam kegiatan ini nantinya disampaikan kepada warga masyarakat yang ada dilingkungan masing-masing,” tutur Kepala Desa Dalam sambutannya.

Sementara itu,Kapolsek Punung Iptu Susilo Dwi Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga masyarakat khususnya Desa Mendolo Kidul, karena untuk mengantisipasi segala kemungkinan baik itu kekerasan terhadap anak, KDRT serta kenakalan remaja yang perlu afa pencegahan dini.

“Kita semua berharap jangan sampai ada Kekerasan terhadap anak dan dalam rumah tangga, karena setiap permasalahan yang terjadi bisa di selesaikan terlebih dulu ditingkat bawah sampai tuntas, serta bila ada sesuatu hal agar segera menghubungi tiga pilar Kamtibmas yang ada di Desa tersebut,"ujar Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, Bahwa kita harus mengembangkan kesadaran, kemampuan, tanggung jawab, dan peran aktif masyarakat dalam menangani permasalahan sosial di lingkungannya serta memperbaiki kualitas hidup dan kesejahteraan. Agar apa pun permasalahannya bisa di selesaikan dengan cara kekeluargaan di tingkat bawah 

“Terlindunginya anak hingga lanjut usia dari tindak kekerasan, eksploitasi dan perlakuan tidak menyenangkan, salah satu adalah pada pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TP2A) dalam memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak, adapun perlindungan tersebut meliputi pendampingan, penanganan kasus, bantuan hukum serta usaha pencegahan dan pengurangan resiko terjadinya kekerasan,”terangnya.

“Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan antisipasi masyarakat terhadap berbagai problem sosial di bidang perlindungan anak khususnya di Desa Mendolo Kidul dan umumnya diwilayah Kecamatan Punung,"ungkapnya.

Selain itu Kapolsek berpesan kepada yang hadir agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M setuap melaksanakan aktifitas di luar rumah, Karena pandemi belum berakhir sehingga masyarakat agar tetap waspada.

"Mari kita bersama-sama menjaga dan saling mengingatkan utuk tetap menjaga protokol kesehatan di setiap kegiatan, agar kita bisa terhindar dari virus korona yang belum hilang hingga saat ini,"tandasnya.(tyo)

Posting Komentar

0 Komentar